Panduan Google Classroom Untuk Dosen

Panduan Google Classroom Untuk Dosen

Sesuai dengan arahan Wakil Rektor I, mulai semester genap 2016/2017, sistem pembelajaran daring (online) Klasiber yang dulunya menggunakan Moodle diganti dengan Google Classroom. Sistem ini dapat diakses melalui https://klasiber.uii.ac.id.

Jika Ibu/Bapak ingin mengakses file yang berada di Klasiber lama, mohon kunjungi https://arsipklasiber.uii.ac.id.

 

LOGIN

  1. Untuk login ke klasiber silahkan akses https://klasiber.uii.ac.id dan akan muncul tampilan seperti di bawah ini, klik “Login”.
  2. Setelah klik login akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik “Login” sekali lagi.
  3. Jika sedang dalam session Gmail UII atau Single Sign On maka sistem akan langsung mengarah ke halaman konfirmasi permision akses klasiber seperti di bawah ini, klik “Allow” pada gambar di bawah dan Anda sudah berhasil masuk ke halaman Klasiber
  4. Jika belum login ke Gmail UII, maka Anda akan diminta login menggunakan login UNISYS, namun jika anda sedang login ke Gmail Luar UII (gmail.com) maka akan tampil halaman peringatan bahwa anda tidak memiliki akses, silahkan logout dari akun gmail.com anda dan login ke gmail.uii.ac.id dengan menggunakan akun UNISYS.
    Berikut tampilan pesan jika gagal login di klasiber menggunakan akun gmail.com.

 

MENU KLASIBER

  1. Setelah Login berhasil maka Anda akan diarahkan langsung ke halaman Beranda. Pada halaman ini dijelaskan bahwa Klasiber ini berfungsi untuk mengaktifkan kelas online Ibu/Bapak, namun untuk aktifitas belajar mengajar dapat dilakukan via Google Classroom.
  2. Untuk mengaktifkan kelas pada tiap awal semester, pilih menu “Kelas”.
  3. Pada menu “Kelas” akan tampil seperti di bawah ini, mata kuliah yang tampil sesuai dengan tahun akademik yang dipilih, dibawah pemilihan tahun akademik juga ada pilihan untuk menampilkan berapa mata kuliah dalam satu halaman.
  4. Untuk mengaktifkan mata kuliah dan memasukkan mahasiswa ke mata kuliah tersebut secara otomatis silahkan klik lambang “+” pada kolom “Aksi” dan akan muncul konfirmasi seperti di bawah ini, klik “OK” untuk memproses dan silahkan menunggu, proses ini membutuhkan waktu 3 detik per mahasiswa


  5. Jika berhasil maka tombol “+” akan berubah menjadi tombol hyperlink seperti di bawah ini yang jika di klik akan langsung menuju kelas tersebut yang berada di Google Classroom.
  6. Setelah proses diatas selesai maka kelas dapat diakses melalui menu atur kelas, klik nama kelas untuk mengakses kelas tersebut di Google Classroom.
  7. Untuk mengakses halaman klasiber yang lama, dapat dilakukan dengan klik menu “Klasiber Lama” dan login dengan menggunakan akun UNISYS anda atau langsung buka halaman https://arsipklasiber.uii.ac.id
  8. Untuk selanjutnya, akses ke halaman klasiber baru, silahkan langsung membuka https://classroom.google.com
  9. Setelah berhasil mengaktifkan kelas, maka tampilan di halaman Google Classroom adalah semua kelas yang sama dengan di UNISYS pada semester yang sedang berlangsung.

 

GOOGLE CLASSROOM

  1. Halaman Google Classroom setelah berhasil mengaktifkan kelas online. Pastikan bahwa kelas yang ada di dalam Google Classroom sudah sama dengan yang ada di UNISYS.
  2. Pilih salah satu matakuliah yang akan digunakan untuk melakukan aktifitas kuliah online, jika ada mahasiswa yang belum terdaftar kemungkinan mahasiswa yang bersangkutan belum melakukan konfirmasi atas undangan untuk bergabung kelas tersebut.
  3. Untuk petunjuk lebih lanjut mengenai penggunaan Google Classroom dan fasilitas Google Edu yang lain silahkan akses halaman berikut. http://itsupport.uii.ac.id/anda-kesulitan/panduan-penggunaan-google-edu/

Download Panduan Google Classroom versi PDF