Membuat Filter pada Gmail

Seperti email pada umumnya, di Gmail disediakan fasilitas untuk filter email, yang cara penggunaannya sangat mudah. Untuk mengaksesnya seperti biasa dengan mengakses tombol gerigi di pojok kanan atas –> setting.
Pada menu setting silahkan pilih tab “Filters and Blocked Adresses”
untuk membuat filter dapat mengimport dari email lain juga dapat membuat baru di dalam Gmail anda. Disini kami akan menjelaskan pembuatan filter baru. Klik “Create a new filter”

 

Akan muncul menu search seperti di bawah ini, masukkan aturan-aturan untuk filter anda, lalu klik tombol kaca pembesar di pojok kiri bawah.

 

Disini akan dimunculkan hasil pencarian dari aturan-aturan yang sudah dibuat diatas, untuk membuka menu pencarian lagi dapat dengan melakukan klik pada tombol yang ditandai pada gambar di bawah ini.
Jika hasil pencarian belum sesuai keinginan anda silahkan rubah aturan yang ada. Jika sudah sesuai silahkan lanjut ke tahap pembuatan filter dengan mengeklik tombol “Create filter with this search”.

 

Disini anda diminta menentukan apa yang akan dilakukan kepada email-email yang sudah berhasil di filter, perlakukan untuk email-email tersebut bisa lebih dari satu pilihan.
Pada tombol centang “Also Apply” dibawah berfungsi untuk menentukan apakah email yang tadi tersaring filter juga akan dimasukkan ke filter atau hanya email yang masuk setelah filter ini dibuat, klik “Create filter” untuk menyelesaikan proses pembuatan filter.

Jika berhasil, filter yang sudah dibuat akan muncul pada daftar filter seperti di bawah ini