Setting dan Daftar Alias Gmail

Secara default, alamat email personal civitas akademika UII adalah NIK/NIP@uii.ac.id atau NIM@students.uii.ac.id. Tentunya hal ini kurang nyaman untuk korespondensi dan berkomunikasi karena tidak mudah untuk dihapal.

Oleh karena itu disini disediakan fasilitas Alias email dimana alamat anda ketika berkomunikasi dengan kolega anda bisa muncul sebagai nama@uii.ac.id atau nama@students.uii.ac.id.

Jika anda sebelumnya aktif menggunakan email UII yang lama dan pernah mendaftarkan alias email, maka seharusnya juga sudah terdaftar pada Gmail UII, cara memeriksanya adalah seperti berikut.

Pertama-tama silahkan masuk ke “Google Account Setting” melalui menu setting atau bisa juga dengan klik “My Account” di menu yang muncul dari icon Profile Picture anda.

Pada halaman utama Google Account Setting silahkan klik “Your personal info”.

Pada halaman berikutnya silahkan klik pada bagian email.

Pada bagian “Alternate emails” anda dapat melihat alamat apa saja yang sudah terdaftar sebagai alias yang bisa anda aktifkan. Jika belum ada atau yang sudah ada tidak sesuai dengan keinginan anda, silahkan email ke itsupport@uii.ac.id untuk mengajukan alias email yang baru (alias tidak boleh menyimpang dari nama asli).

Mengaktifkan Alias Email

Untuk mengaktifkan silahkan buka setting –> Accounts and Import –> Add another email address you own.

Akan muncul pop up window dan silahkan isikan alamat alias anda. Hilangkan centang pada treat as an alias jika anda ingin alias anda ini menjadi alamat utama, lalu klik next step.

Setelah berhasil maka akan muncul alamat baru yang dapat anda gunakan untuk beraktifitas. Silahkan klik make default dan setiap anda mengirimkan email akan muncul sebagai alamat alias ini.